Tentunya kita semua ingin agar aplikasi pengajuan asuransi jiwa yang kita ajukan disetujui secara mudah tanpa proses medical check up & mendapatkan premi yang murah. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal apa saja yang mempengaruhi penilaian pengajuan asuransi kita. Faktor-faktor tersebut adalah:

  1. Umur
    Semakin muda umur Anda, maka semakin mudah disetujui permohonan asuransi Anda & semakin murah premi yang bisa didapat.
  2. Kesehatan
    Riwayat kesehatan sangat dibutuhkan dalam penilaian diri Anda oleh Prudential. Oleh karena itu, Anda akan diwawancari oleh agen asuransi Anda mengenai daftar penyakit berbahaya yang pernah diidap. Jika pernah mengidap penyakit berat atau berbahaya, tentunya biaya preminya akan naik & proses medical check up bisa diminta oleh Prudential. Apabila sehat, maka bersyukurlah karena kemungkinan besar bisa diterima menjadi nasabah secara lebih mudah.
  3. Penyakit Keturunan
    Ada penyakit-penyakit yang bisa diturunkan dari orang tua ke anaknya, diantaranya adalah darah tinggi, alergi, asma, dll. Saat proses pengajuan asuransi baru, agen Anda akan mewawancarai Anda mengenai penyakit-penyakit yang bisa diturunkan.
  4. Jenis Kelamin
    Wanita cenderung mempunyai umur yang lebih lama dibanding pria. Disamping itu, wanita juga lebih beresiko terhadap kesehatan dibanding pria jika sudah dewasa. Namun sebaliknya, laki-laki akan lebih tinggi resiko kesehatannya saat masih kanak-kanak dibanding perempuan.
  5. Rasio Tinggi & Berat Badan
    Semakin besar tubuh anda, semakin tinggi pula resiko kesehatannya karena penderita obesitas/kegemukan cenderung menderita diabetes. Apabila seseorang menderita diabetes, maka tekanan darahnya cenderung naik dan bisa mengakibatkan timbulnya penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung, dll.
  6. Status Perokok
    Jika Anda menghisap satu batang rokok saja selama satu tahun, maka Anda dikategorikan sebagai perokok dan akan mendapatkan premi yang lebih mahal dibanding yang bukan perokok. Jika Anda sudah berhenti merokok, maka dibutuhkan waktu satu tahun sejak Anda berhenti menghisap rokok untuk bisa disebut sebagai bukan perokok. Jika Anda bukan perokok & sudah mendapatkan persetujuan asuransi baru, janganlah mencoba untuk merokok karena bisa mempengaruhi proses klaim asuransi atas kesehatan Anda apabila Anda sakit.
  7. Pekerjaan
    Pekerjaan di luar ruangan, misalnya petugas kebersihan, umumnya lebih beresiko dibanding pekerjaan di dalam ruangan, misalnya staf administrasi. Pekerjaan-pekarjaan tertentu-pun bisa dianggap beresiko yang akhirnya berdampak pada mahalnya premi asuransi atau butuh proses underwriting lebih lanjut, seperti politikus, anggota militer, penambang, dll.
  8. Gaya Hidup & Hobi
    Punya hobi, gaya hidup, & kesenangan adalah sah-sah saja. Namun ada hobi atau kegiatan-kegiatan yang dikategorikan berbahaya di kacamata perusahaan asuransi sehingga ikut menentukan penilaian mengenai diri Anda, yaitu panjat tebing, menyelam, terjun payung, paralayang, naik gunung, dan balap mobil/motor.

Leave a Reply