Harta yang yang kita cari dan kita miliki bisa diibaratkan seperti air. Air yang kita ambil dari sumber yang jernih, akan menyehatkan badan kita. Namun jika kita mengambil air yang kotor, maka air tersebut akan meracuni tubuh kita. Oleh karenanya carilah harta dari sumber yang baik.

Apabila kita sudah mendapatkan air yang bersih, alirkanlah air tersebut ke tempat-tempat yang mebutuhkan. Lihatlah kolam ikan atau akuarium, apabila airnya tidak mengalir makan ikan-ikan tersebut terancam mati. Namun apabila airnya mengalir ataupun berputar dengan penyaring, maka ikan-ikan di dalamnya akan dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, alirkanlah harta benda yang kita miliki. Harta benda yang mengalir sebagai amal saleh akan membersihkan jiwa. Sebagai amal saleh, harta akan menghampiri orang yang berkesusahan, kelaparan, terkena musibah, anak yatim piatu, dan lain sebagainya. Harta benda yang berputar sebagai roda usaha pun akan meningkatkan laju ekonomi masyarakat. Jangan biarkan harta benda disimpan begitu saja. Putarlah roda ekonomi dengan harta benda yang kita miliki. Uang bisa diinvestasikan, rumah bisa disewakan, tanah bisa ditanami, mobil bisa direntalkan. Sedangkan harta benda yang disimpan, tidak mengalir, akan membusukkan jiwa pemiliknya.

Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.” (QS al-Hadid:7)

Share Your Thought