Penyakit jantung bisa menimpa siapa saja, baik dari kalangan pesoro maupun kalangan biasa. Baik di kampung maupun di kota. Di kampung, orang biasa menyebutnya angin duduk dan hanya dikerokin untuk mengobatinya, padahal itu bisa jadi tanda-tanda serangan jantung. Di kota, orang yang mempunyai uang banyak pun bisa terkena serangan mematikan tersebut, padahal mereka berusaha menjaga makanan sehat, berolah raga, bahkan tak jarang untuk periksa ke dokter. Berikut ini adalah daftar artis-artis kenamaan di Indonesia yang meninggal setelah terserang penyakit jantung tersebut:

1. Jojon


Pelawak bernama lengkap Djuhri Masdjan ini sangat familiar di mata para pemirsa sebagai pelawak senior yang mempunyai kumis Adolf Hitler/Charlie Chaplin dan bercelana cungkring. Beliau meninggal di pagi hari pada tanggal 6 Maret 2014. Jojon sempat masuk UGD selama dua hari karena sakit asma & jantung, kemudian dipindah ke ruang intensive care dan akhirnya meninggal.

2. Yopie Beda


Yopie Beda adalah seorang musisi dan presenter yang meninggal pada tanggal 11 Desember 2012. Kerabat dan teman-teman Yopie merasa kaget mendengar kepergiannya mengingat dia tidak merokok & teratur berolah raga. Jauh-jauh hari sebelum meninggal, Yopie pernah mengungkapkan kepada temannya bahwa dia punya sakit darah tinggi dan punya bakat sakit jantung karena darah tingginya itu.

3. Mbah Surip


Mbah Surip meninggal saat di puncak karirnya. Mbah mempunyai nama asli Urip Ariyanto dan terkenal dengan lagunya yang berjudul “Tak Gendong”. Milyaran rupiah masuk ke kantongnya atas royalti lagu Tak Gendong tersebut, padahal lagu tersebut sudah dibuat pada tahun 1983. Mbah meninggal pada tanggal 4 Agustus 2009 dalam perjalanan ke RS Pusdikkes. Sebenarnya Mbah Surip berencana menikahkan putri ketiganya pada tanggal 16 Agustus, namun karena kepergiannya yang mendadak, maka upacara pernikahan tersebut akhirnya tetap diadakan di hari dan tempat yang sama dengan pemakamannya, akad nikah pun diucapkan di depan jenazah Mbah Surip.

4. Adjie Massaid


Adjie Massaid diberitakan meninggal secara mendadak pada Sabtu, 5 Februari 2011 setelah bermain sepakbola. Pulangnya dia mengeluh sesak nafas & sakit di dadanya hingga terjatuh di ruang keluarga. Adjie langsung dilarikan ke rumah sakit. Setelah ditangani selama dua jam, akhirnya nyawanya tak tertolong.

5. Ricky Jo


Pada hari Jum’at, 22 Maret 2013, dunia olahraga dikejutkan oleh berita meninggalnya seorang presenter kenamaan saat itu, Ricky Johannes, di RS MMC akibat terkena serangan jantung. Selain sebagai presenter, beliau juga menjabat sebagai wakil ketua Badan Futsal Nasional.

6. Ida Kusumah


Artis senior ini meninggal di usia 71 tahun setelah mengalami serangan jantung saat tengah menjalani syuting sinetron “Cinta Fitri Season 6″. Menurut rekan syutingnya, Dinda Kanya Dewi, Oma Ida masih tampak sehat dan sempat bercanda dengan rekan-rekan artis lain di lokasi syuting. Saat itu Oma mau makan malam bareng namun mengalamai kejang-kejang kemudian menggigit lidah. Oma langsung dibawa ke rumah sakit namun meninggal di tengah perjalanan.

7. Basuki


Basuki adalah seorang pelawak kelahiran Solo, Jawa Tengah. Dia adalah anggota dari grup lawak legendaris, Srimulat. Dia naik daun saat ikut membintangi serial “Si Doel Anak Sekolahan” (SDAS). Pada tanggal 12 Desember 2007, Basuki meninggal saat bermain futsal bersama teman-temannya. Dia tiba-tiba jatuh & pingsan, sehingga langsung dibawa ke RS tetapi sayang, jiwanya tak tertolong lagi. Menurut Doyok, rekan seprofesinya, Basuki itu rajin berolah raga, minum jamu, & sering check up ke dokter. Selain futsal, dia juga hobi bulu tangkis, bahkan selalu bawa raket di mobilnya.

8. Ade Namnung


Syamsul Effendi atau biasa dipanggil Ade Namnung ini meninggal pada hari Selasa, 31 Januari 2012. Ade awalnya terkena penyakit stroke. Stroke & obesitas yang dideritanya memicu penyumbatan darah yang menggangu kinerja jantungnya.

9. Chef Tatang


Muchtar Alamsyah atau Chef Tatang adalah seorang pakar kuliner yang aktif menulis resep, memasarkan masakan Indonesia di luar negeri, dan mengisi acara-acara bertema kuliner di tv-tv Indonesia. Beliau juga salah satu pendiri Ikatan Abang None Jakarta. Sang chef meninggal pada 3 Mei 2012. Menurut pengakuan istrinya, almarhum memang mempunyai riwayat sakit jantung sudah 3,5 tahun. Saat makan nasi goreng pakai acar, almarhum tersedak lalu mengalami sakit nafas dan memninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

10. Benyamin Sueb


Pada tanggal 5 September 1995, sebuah kabar duka mengejutkan Indonesia. Benyamin Sueb meninggal dunia di usia 56 tahun setelah koma seusai main sepakbola. Selama hidupnya, almarhum Benyamin sudah menghasilkan sekitar 75 album musik dan 53 judul film.

Serangan jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya karena kebanyakan orang tidak mengetahui gejalanya sehingga bisa menyebabkan kematian secara mendadak. Tidak heran jika dokter-dokter menyebutnya sebagai “the Silent Killer”. Kematian mendadak bisa menimpa orang yang sudah tua maupun orang muda seperti Adjie Massaid, Ricky Jo, chef Tatang, dll. Kematian yang mendadak inilah yang menyebabkan banyak orang yang lupa untuk mempersiapkan masa depan anak-anak mereka jika ditinggal kepala keluarga untuk selamanya. Jika Anda adalah salah satu kepala keluarga yang sangat sayang terhadap anak-anak Anda, maka hendaknya persiapkanlah keuangan yang cukup bagi anak-anak Anda. Salah satu caranya adalah dengan mengasuransikan diri & keluarga Anda. Jika Anda ingin menjadi nasabah Prudential, silahkan isi formulir ini>>

Share Your Thought